ANGKUTAN UMUM PRAMBANAN-JOMBOR
Bella Lumencia | FOTKOM401

      Angkutan umum merupakan salah satu alat transportasi yang ada disetiap kota maupun daerah. Dengan biaya yang murah, angkutan kota banyak diminati masyarakat. Seperti halnya di Yogyakarta, sebagai kota wisata kehadiran angkutan umum di kota ini menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi pemerintah daerah untuk menunjang berbagai kegiatan dan mobilitas masyarakat. Namun, angkutan umum jenis kol ini hanya sedikit yang beroperasi.

    Umumnya yang rutin menggunakan jasa angkut ini adalah orang tua yang ingin pergi ke pasar. Mereka mengatakan lebih senang menggunakan angkutan umum jenis kol,  karena dapat menampung barang bawaan dan menghemat waktu. Kalaupun menggunakan jasa bus Trans Jogja, penumpang harus mengikuti rute yang sudah ditentukan dan menghabiskan banyak waktu. Berbeda dengan bus Trans Jogja, angkutan umum jenis kol ini dapat menurunkan penumpang tanpa harus di halte bus. Tarif yang dikenakan lumayan murah, yaitu 5000 rupiah tergantung dengan dekat jauhnya jarak.

     Jenis angkutan umum jenis kol ini beroperasi pukul 06.30 hingga pukul 16.00. Rute yang dilalui mulai dari Prambanan, Jalan Laksada Adi Sucipto hingga pemberhentian terakhir di Terminal Jombor. Dengan rute tersebut, angkutan umum ini melewati tempat-tempat umum yang biasa dituju oleh masyarakat Yogyakarta. Seperti Mirota, Ambarukmo Plaza, Tugu Yogyakarta, UGM, dan juga beberapa pasar tradisional  yang ada di Kota Istimewa ini.

Bella_12R

Bella_10R (2)

Bella_10R (3)

Bella_5R (1)

Bella_10R (1)


 

June 9, 2016

Leave a Reply