SATE KLATAK PAK PONG
Cendikia Hanif | FOTKOM401

Sate Klathak adalah sate kambing khas Yogyakarta yang merupakan ikon baru selain gudeg.Sate Klathak diolah dengan cara unik. Daging kambing yang telah dipotong-potong kecil ditusuk menggunakan jeruji besi sepeda, bukan batang bambu seperti sate pada umumnya. Penggunaan jeruji besi sepeda ini bukan tanpa alasan. Besi merupakan penghantar panas yang baik, sehingga ketika dibakar daging kambing bisa matang dengan sempurna sampai bagian dalamnya.

Bumbu yang digunakan sangat minimalis. Daging kambing hanya dibumbui garam dan merica. Ketika daging berada di atas bara api, akan terdengar letupan-letupan kecil, “klatak, klatak”.  Konon dari sinilah asal mula nama Sate Klathak. Diambil dari suara letupan khas yang timbul ketika sate dibakar.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati kuliner khas Yogyakarta ini adalah Warung Sate Klathak Pak Pong yang berlokasi di Kabupaten Bantul, selatan Kota Yogyakarta. Kurang lebih 25 menit perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Warungnya cukup luas dan nyaman, dengan tempat parkir memadai. Di depan warung terdapat dapur terbuka dimana semua kegiatan memasak berlangsung. Ini bisa menjadi pemandangan menarik bagi pengunjung sembari menanti pesanan datang.

Diki_12R

Diki_10R (1)

Diki_10R (2)

Diki_5R (1)

Diki_5R (2)

June 9, 2016

Leave a Reply