ZIANTURI GUITAR EQUIPMENT
Yosa Shinta Dewi | FOTKOM401

 

     Sri Hadi Waluyo, seorang Luthier kenamaan Yogyakarta yang sudah dikenal luas oleh musisi lokal maupun nasional. Beliau memulai menjadi Luthier sejak tahun 1993. Bertempat tinggal di  Jl. Tasura 8, Maguwoharjo, Ring Road Utara, Yogyakarta. Pria paruh baya yang kerap disapa Pak Hadi melakukan pekerjaan yang juga sekaligus hobby. Dalam melakukan pekerjaannya,ia dibantu oleh Mas Mufid, mereka saling bertukar pendapat mengenai “pasien” yang sedang mereka tangani.

     Jasa yang ditawarkan oleh pak Hadi sebagai pemilik Zianturi Guitar Equipment diantaranya adalahpembuatan gitar, servis pickup, modifikasi, setting bridge, dan jasa lainnya. Selain itu, beliau juga menerima jasa pemesanan alat-alat musik lainnya seperti contra bass, bass elektrik, alat musik perkusi, biola, dan lain-lain. Alat-alat musik tersebut tidak hanya pesanan dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Zianturi, alat musik yang mendapat pesanan dari luar negeri seperti Jerman, USA, Australia, Filiphina dan masih banyak negara lain. Untuk biaya setting, modifikasi, dan servis, beliau tidak mematok harga tertentu, bahkan terkadang Pak Hadi menggratiskan pengunjung yang hanya ingin setting ulang gitar.

     Tahun 1987 Pak Hadi mengikuti workshop kilat yang diadakan oleh Gibson untuk konstruksi gitar dan juga pernah belajar desain gitar dari ESP Jepang. Tak hanya sampai disitu, beliau juga memperdalam ilmu luthiernya dengan banyak membaca-baca buku. Sampai akhirnya beliau menemukan kriteria yang pas untuk sebuah gitar yang baik. Hasil belajar selama ini kemudian diterapkan olehnya. Dan ternyata hasilnya memuaskan dan disukai teman-teman musisinya yang mempercayakan perbaikan gitar kepadanya.

    Banyak sekali musisi-musisi Yogyakarta baik dalam bertaraf lokal maupun nasional yang sudah pernah merasakan polesan Pak Hadi. Musisi nasional yang telah menjadi pelanggan diantaranya yaitu Jikustik Band, Sheilla On 7 dan masih banyak band lokal maupun nasional yang menjadi pelanggan setia Pak Hadi. Erros gitaris Sheilla On 7 terbilang sangat sering mendatangi Zianturi Guitar Equipment untuk memesan gitar. Walaupun saat ini sudah jarang datang langsung, Erros tetap menyuruh asistennya untuk mengunjungi Pak Hadi untuk memesankan gitar yang mendukung performancenya saat sedang on stage dengan Sheilla On 7. Dalam suatu kesempatan Pak Hadi pernah mengiringi beberapa musisi ternama Indonesia, seperti Vina Panduwinata. Mayoritas dari pemesan alat musik khususnya gitar di Zianturi Guitar Equipment sangat puas dengan hasil kerjanya. Hal itu disebabkan karenasemua bahan kayu di Zianturi adalah bahan qualified standard international dan beliauselalu fokus terhadap satu persatu pesanan alat musik yang akan beliau kerjakan sehingga hasilnya maksimal.

(12R) ZIANTURI-10

(10R) ZIANTURI-05

(5R) ZIANTURI-09

(10R) ZIANTURI-01

(10R) ZIANTURI-04

(5R) ZIANTURI-08

(5R) ZIANTURI-06

(5R) ZIANTURI-02

(5R) ZIANTURI-07


June 9, 2016

Leave a Reply