ABDI DALEM CILIK
Yusnia WP | FOTKOM401

     Rizky Kuncoro Malik, seorang anak lelaki berusia 7 tahun dengan paras tampan yang  duduk dibangku kelas satu  SDN Glagah Yogyakarta.  Sekilas memang ia terlihat seperti bocah biasa yang bermain dan bersekolah. Namun, siapa sangka ia memiliki kehidupan yang berbeda dari anak-anak lainnya. Ya, Rizky adalah seorang abdi dalem. Abdi dalem notabene orang-orang yang telah lanjut usia, namun Rizky telah memberi warna berbeda pada Keraton. Rizky merupakan satu-satunya abdi dalem cilik.

     Sejak usia 15 bulan Rizky sudah dibawa Mbah Suyat ke Keraton. Mbah Suyat adalah kakek dari Rizky yang juga merupakan abdi dalem. Beliau sudah mengabdi  sejak lebih dari 40 tahun lalu. Rizky diasuh oleh kakek dan neneknya  yang  biasa panggil ‘Bapak’ dan ‘Mak e’ karena memang telah dianggap sebagai orang tuanya sendiri. Mereka tinggal didaerah Janturan, Kota Yogyakarta.  Pada usia 2 tahun, ia meminta sendiri kepada kakeknya untuk ikut membantu di Keraton. Rizky dan Mbah Suyat datang ke Keraton tiap hari Senin, Selasa Kliwon, Rabu, Kamis, dan Sabtu.

     Keunikan Rizky telah menjadi sorotan publik. Tak jarang para wisatawan Keraton baik domistik maupun mancanegara yang ingin berfoto dengannya. Bahkan berbagai media pun kerap meliput abdi dalem cilik tersebut. Mbah Suyat menyimpan banyak dokumen mengenai  cucunya itu. Saat ditanya, kelak ia ingin menjadi seorang dalang, penari Jawa, juga penabuh gamelan. Cita-citanya tersebut merupakan profesi yang sehari-hari ia lihat di Keraton.

5R rizki6

10R rizki4

5R rizki5

5R rizki8

5R rizki9

5R rizki3

5R rizki1

10R RIZKI

June 9, 2016

Leave a Reply