Dalam sejarah peradaban hidup manusia, teknologi menjadi hal yang sangat penting. Di era digital ini, teknologi sangat mampu memajukan dan meningkatkan daya pikir manusia pada level yang lebih baik serta membntu aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ketika manusia tidak bisa memanfaatkan teknologi digital ini dengan baik, teknologi bisa sangat berbahaya bagi manusia.

Manusia dapat memenjarakan dirinya sendiri karena tidak mampu menjaga diri atau memfilter dirinya dari produk-produk yang dihasilkan baik oleh teknologi digital maupun teknologi komunikasi. Seperti sosial media, televisi, dan gadget dapat menjadi momok yang sangat menakutkan bagi manusia.

Dengan berbagai macam platform teknologi digital dapat menkonstruksi daya pikir manusia dan mendoktrin bahwa eksistensi diri, hedonisme, konsumtif, kekayaan yang instan, dan kepuasaan akan hiburan menjadi hal yang sangat utama dalam kehidupan dan melupakan aspek-aspek penting lainnya.

Dampak negatifnya, teknologi digital secara tidak langsung melahirkan manusia yang individualistis, masyarakat yang lupa akan budayanya, orang tua-orang tua yang lupa akan prioritasnya, para anak kecil yang jauh dari pendidikan moralitas, dan yang lebih parah, dapat menyebabkan kematian.

Ridho Suharto – FOTKOM 401

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *